• KELAS IDAMAN SMP AN-NUR
  • Monggo Nderek-Nderek Mencetak Sholihin & Sholihat

Presentasi

Berikut ini definisi atau pengertian presentasi dan kegunaanya. Pastinya kalian sering melakukan presentasi di sekolah atau kampus tempat kalian belajar, entah itu mempresentasikan tugas atau sekedar meberikan informasi atau materi kepada teman-teman kalian. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu yang dimaksud dengan presentasi dan kegunaannya, kalian dapat membaca penjelasannya dibawah ini:

A. Apa itu Presentasi?

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat, topik atau informasi. Presentasi juga merupakan salah satu bentuk komunikasi.

B. Fungsi atau Kegunaan Presentasi

Adapun beberapa tujuan dari presentsi yang dilakukan, diantaranya seperti:

1. Menyampaikan informasi atau materi

Hal ini dapat dikatakan sebagai fungsi utama dari presentasi. Seperti orang-orang di perusahaan selalu melakukan presentasi jika ada informasi yang penting untuk disampaikan. Informasi tersebut dapat bersifat biasa bahkan sangat penting. Biasanya dalam melakukan presentasi di suatu perusahaan akan mengundang orang-orang yang dianggap penting untuk mengetahui pesan atau informasi tersebut.

2. Membuat suatu ide ataupun gagasan

Tujuan lainnya dari presentasi tentunya untuk membuat ide ataupun gagasan. Tujuannya biasanya diterapkan pada organisasi yang sedang mengalami suatu masalah yang sulit untuk dicarikan solusinya, sehingga membutuhkan pendapat dariorang lain untuk mencari solusi. Untuk itu sering sekali didengar istilah rapat, organisasi akan mengundang peserta yang dianggap penting yang nantinya dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.


Apa yang dimaksud presentasi?

3. Meyakinkan para peserta

Presentasi dapat digunakan untuk meyakinkan peserta menganai informasi yang dilengkapi data-data yang disusun secara logis sehingga dapat meyakinkan orang-orang menganai suatu topik yang dibahas.

4. Menghibur pendengar

Jika menyampaikan informasi terlalu serius maka akan terasa jenuh dan kurang menarik. Maka saat ini banyak moderator dan pembicara pada presentasi dituntut untuk bisa menghibur tapi tetap relevan dan bersikap profesional sehingga para peserta dapat menikmati presentasi yang dilakukan.

5. Memotivasi dan menginspirasi peserta untuk melakukan tindakan tertentu

Demi tercapainya tujuan dari presentasi maka seorang pempicara dalam presentasi tersebut harus bisa mengarahkan dan membimbing para pesertanya supaya dapat memahami dan melaksanakan apa yang telah disampaikan. Selain itu pembicara-pun harus dapat memberikan motivasi pada para peserta. Selain itu pembicara juga harus dapat memberikan inspirasi supaya para peserta menjadi bersemangat dalam melakukan kegiatan yang disampaikannya pada preentasi tersebut.

6. Menyentuh perasaan dan emosi peserta

Dalam hal ini pembicara harus dapat menyentuh perasaan peserta. Jadi pembicara selain harus dapat menyampaikan materi atau informasi dengan baik, pembicara juga harus dapat menyentuh perasaan dan emosi peserta yang menghadiri presentasi.

7. Memperkenalkan diri

Presentasi juga berfungsi untuk memperkenalkan diri, seperti menyebutkan nama, riwayat hidup dan data-data lainnya sehingga dapat dikenal oleh orang banyak serta dapat meyakinkan peserta.

8. Melakukan promosi

Hal seperti ini biasanya berhubungan dengan perusahaan yang mempromosikan produk yang telah diproduksinya. Biasanya perusahaan akan memberikan tugas kepada karyawan tertentu untuk melakukan promosi produknya kepada calon pembeli. Sebelum melakukan presentasi karyawan akan diberikan wawasan atau pengetahuan menganai produk yang akan dipromosikannya.

C. Jenis-jenis presentasi

a. Beberapa jenis presentasi secara umum

1. Presentasi mendadak

Yaitu presentasi yang dilakukan secara mendadak atau tanpa persiapan, para pembicara akan langsung memberikan informasi kepada para peserta. Biasanya dilakukan jika ada informasi penting yang harus segera disampaikan.

Kelebihannya:

  • Informasi yang disampaikan akan sesuai dengan apa yang dirasakan oleh pembicara.
  • Membuat pembicara akan terus berfikir saat menyampaikan informasi karena tidak ada persiapan sebelumnya.
  • Kata-kata yang keluar dari pembicara spontanitas.

Kekurangannya:

  • Informasi yang disampaikan akan terasa tersendat-sendat karena pembicara harus berfikir untuk menyampaikan informasi tersebut.
  • Biasanya dalam menyampaikan informasinya tidak tersusun secara sistematis.
  • Jika pembicara baru pertama kali melakukan presentasi, biasanya pembicara akan terkena demam panggung.

2. Presentasi naskah

Yaitu presentasi yang dilakukan dengan cara membacakan naskah kepada para peserta. Saat ini banyak sekali orang yang melakukan presentasi dengan membaca naskah sehingga kata-kata yang dikeluarkan seperti teks pada naskah yang telah dipersiapkannya.

Kelebihannya:

  • Dalam menyampaikan informasi dilakukan secara sistematis.
  • Kata-kata yang dikeluarkan baik dan benar, karena telah melakukan persiapan.
  • Minim kesalahan dalam penyampaiannya.

Kekurangannya:

  • Biasanya peserta atau pendengar akan merasa jenuh dan bosan.
  • Jika pembicara kurang kreatif, maka akan terasa kurang menarik.
  • Pendengar kurang termotivasi dan terinspirasi.

3. Presentasi hafalan

Yaitu presentasi yang dilakukan dengan cara menghafal teks yang telah disediakan. Jadi pembicara harus menghafal informasi yang akan disampaikannya. Presentasi dengan cara ini sangat kurang baik untuk dilakukan, karena jika lupa akan terjadi kegagalan jadi kalau bisa harus dihindari.

4. Presentasi ekstempore

Dalam jenis ini, pembicara harus mempersiapkan materi hanya garis besarnya saja kemudian jabarkan secara lengkap atau detail.

Kelebihannya:

  • Informasi yang disampaikan jelas karena sebelumnya telah melakukan persiapan.
  • Akan menarik perhatian peserta, karena tidak sepenuhnya bergantung kepada naskah atau teks tapi tidak melenceng dari pembahasan.
  • Penyampaiannya akan lebih leluasa.
  • Informasi yang disampaikan secara berurutan atau sistematis.
  • Pembicara akan melakukan kontak mata dengan peserta, sehingga informasi yang disampaikan akan terasa menarik atau tidaknya.

Kekurangannya:

  • Diperlukan pengalaman dan keahlian yang cukup jika ingin melakukan presentasi.
  • Di perlukan wawasan untuk membahas topik atau temanya.
  • Perlu persiapan yang lama sebelum melakukan presentasi.

b. Jenis presentasi berdasarkan pihak yang melakukan dan pesertanya

1. Presentasi langsung

Dilakukan jika pembicara dan peserta dapat berkomunikasi secara langsung. Contohnya seperti kegiatan belajar dan mengajar di sekolah, jadi guru dan murid dapat berkomunikasi secara langsung dan murid dapat bertanya secara langsung serta akan diberikan jawaban secara langsung.

2. Presentasi tidak langsung

Dikatakan secara tidak langsung jika peserta tidak bertemu secara langsung dengan pembicara yang menyampaikan informasi.

c. Jenis Presentasi berdasarkan sifat medianya

Adapun jenis dari presentasi jika berdasarkan media yang digunakannya:

1. Presentasi audio

Yaitu  menggunakan media suara saat menyampaikan informasinya.

2. Presentasi visual

Yaitu menggunakan media gambar saat menyampaikan informasinya.

3. Presentasi audio dan visual

Yaitu menggunakan media suara dan gambar saat menyampaikan informasinya misalnya seperti video.

D. Unsur-unsur presentasi

Unsur-unsur pokok yang ada pada presentasi diantaranya seperti:

  • Moderator, yaitu untuk mengatur jalannya presentasi.
  • Pembicara, yaitu pihak yang melakukan presentasi atau menyampaikan informasi.
  • Audience, yaitu peserta atau pendengar dari presentasi.
  • Tools atau peralatan, yaitu media atau alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasinya.

Itulah ulasan tentang pengertian presentasi, semoga dapat dipahami dan tentunya dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya. Mohon maaf jika ada kesalahan, sekian dan terimakasih.

 

sumber : http://www.pengertianku.net/2016/05/pengertian-presentasi-dan-kegunaanya.html

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PAS-1 (Penilaian Akhir Semester - 1)

Mulai hari ini, Rabu, 27 November 2019 sampai dengan Rabu, 04 Desember 2019 akan dilaksanakan PAS-1 (Penilaian Akhir Semester 1) yang berbasis Komputer atau lebih dikenal dengan CBT (Co

27/11/2019 12:21 WIB - Administrator
Supervisi Akademik

Tujuan supervisi akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran yang dicanangkan bagi murid-muridnya (Glickman, 1981). Melalui supervisi akademik

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Manfaat Pendidikan Jasmani

  Pengertian Pendidikan Jasmani  Pendidikan jasmani adalah salah mata pelajaran di sekolah yang merupakan media pendorong perkembangan keterampilan motorik, kem

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Computer Based Test

Apa itu CBT? Sistem penyelenggaraan ujian secara umum dibagi menjadi 2: Tes Konvensional dan Tes Modern. Tes Modern ini nanti dibagi lagi menjadi linear CBT dan CAT. Apa sih bedanya?

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Praktikum IPA - Mikroskop

Mikroskop Adalah – Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Perawatan :  Kata mikroskop bersal dari bahasa Yunani yaitu micron yang artinya kecil dan scropos yang artinya melihat

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator