• KELAS IDAMAN SMP AN-NUR
  • Monggo Nderek-Nderek Mencetak Sholihin & Sholihat

Supervisi Akademik

Tujuan supervisi akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran yang dicanangkan bagi murid-muridnya (Glickman, 1981). Melalui supervisi akademik diharapkan kualitas akademik yang dilakukan oleh guru semakin meningkat (Neagley, 1980). Pengembangan kemampuan dalam konteks ini janganlah ditafsirkan secara sempit, semata-mata ditekankan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, melainkan juga pada peningkatan komitmen (commitmen) atau kemauan (willingness) atau motivasi (motivation) guru, sebab dengan meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja guru, kualitas pembelajaran akan meningkat. Sedangkang menurut Sergiovanni (1987) ada tiga tujuan supervisi akademik sebagaimana dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Tujuan dan Fungsi Supervisi Akademik
  1. Supervisi akademik diselenggarakan dengan maksud membantu guru mengembangkan kemampuannya profesionalnnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu.
  2. Supervisi akademik diselenggarakan dengan maksud untuk memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian murid-muridnya.
  3. Supervisi akademik diselenggarakan untuk mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajarnya, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Menurut Alfonso, Firth, dan Neville (1981) Supervisi akademik yang baik adalah supervisi akademik yang mampu berfungsi mencapai multitujuan tersebut di atas. Tidak ada keberhasilan bagi supervisi akademik jika hanya memperhatikan salah satu tujuan tertentu dengan mengesampingkan tujuan lainnya. Hanya dengan merefleksi ketiga tujuan inilah supervisi akademik akan berfungsi mengubah perilaku mengajar guru. Pada gilirannya nanti perubahan perilaku guru ke arah yang lebih berkualitas akan menimbulkan perilaku belajar murid yang lebih baik. Alfonso, Firth, dan Neville (1981) menggambarkan sistem pengaruh perilaku supervisi akademik sebagaimana gambar di bawah ini.

Tujuan dan Fungsi Supervisi Akademik

Gambar  tersebut ini memperjelas kita dalam memahami sistem pengaruh perilaku supervisi akademik. Perilaku supervisi akademik secara langsung berhubungan dan berpengaruh terhadap perilaku guru. Ini berarti, melalui supervisi akademik, supervisor mempengaruhi perilaku mengajar guru sehingga perilakunya semakin baik dalam mengelola proses belajar mengajar. Selanjutnya perilaku mengajar guru yang baik itu akan mempengaruhi perilaku belajar murid. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa tujuan akhir supervisi akademik adalah terbinanya perilaku belajar murid yang lebih baik.

(https://www.asikbelajar.com/tujuan-dan-fungsi-supervisi-akademik/)

Dalam pelaksanaannya, setiap guru di kelas Idaman SMP An-Nur Bululawang akan mendapatkan Supervisi Akademik oleh kepala sekolah beserta tim supervisinya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PAS-1 (Penilaian Akhir Semester - 1)

Mulai hari ini, Rabu, 27 November 2019 sampai dengan Rabu, 04 Desember 2019 akan dilaksanakan PAS-1 (Penilaian Akhir Semester 1) yang berbasis Komputer atau lebih dikenal dengan CBT (Co

27/11/2019 12:21 WIB - Administrator
Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Manfaat Pendidikan Jasmani

  Pengertian Pendidikan Jasmani  Pendidikan jasmani adalah salah mata pelajaran di sekolah yang merupakan media pendorong perkembangan keterampilan motorik, kem

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Presentasi

Berikut ini definisi atau pengertian presentasi dan kegunaanya. Pastinya kalian sering melakukan presentasi di sekolah atau kampus tempat kalian belajar, entah itu mempresenta

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Computer Based Test

Apa itu CBT? Sistem penyelenggaraan ujian secara umum dibagi menjadi 2: Tes Konvensional dan Tes Modern. Tes Modern ini nanti dibagi lagi menjadi linear CBT dan CAT. Apa sih bedanya?

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator
Praktikum IPA - Mikroskop

Mikroskop Adalah – Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Perawatan :  Kata mikroskop bersal dari bahasa Yunani yaitu micron yang artinya kecil dan scropos yang artinya melihat

14/09/2019 08:57 WIB - Administrator